Profil

Pada tahun 1985, pendidikan menjadi perhatian masyarakat untuk lebih meningkatkan mutu calon Guru yang profesional. Pada saat itu guru masih banyak yang belum memenuhi kualifikasi lulusan S1, khususnya di kota Situbondo. Lembaga Pendidikan Keguruan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Situbondo untuk meningkatkan mutu guru. Maka PGRI Situbondo mendirikan Institusi Pendidikan Tinggi STKIP PGRI Situbondo.

Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi dibawah Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP-PT PGRI), STKIP PGRI Situbondo memiliki peranan dan fungsi, yakni :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan akademik secara profesional dengan disiplin ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan guna mencetak kader bangsa yang intelektual dan profesional.
  2. Menciptakan guru profesional selaku garda terdepan pendidikan Indonesia.
  3. Berperan aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran ataupun tenaga edukatif kepada PGRI untuk meningkatkan kualitas profesionalisme guru.

 

Dengan pemikiran diatas, bahwa STKIP PGRI Situbondo selalu berada dalam dinamika kehidupan masyarakat yang terus bergerak maju seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Era Globalisasi ini.

Lokasi cukup strategis dan dapat dijangkau oleh sarana transportasi umum. Lokasi kampus STKIP PGRI Situbondo terdiri dari 2 kampus yaitu kampus selatan dan kampus utara. Kedua lokasi tersebut berjarak kurang lebih 500 meter dan berada di antara perumahan penduduk, Nuansa kampus dan prasarana dalam wahana sivitas akademika. Dinamika kehidupan mahasiswa yang dinamis telah memberikan warna tersendiri bagi STKIP PGRI Situbondo, Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan yang representatif terus dilakukan untuk menampung minat masyarakat agar memperoleh sarana pendidikan yang nyaman untuk belajar dengan membangun fasilitas perkuliahan dan sarana kegiatan ekstra.

STKIP PGRI Situbondo terletak di Jalan Argopuro Situbondo. Dan lembaga ini terbagi menjadi 2 kampus yaitu Kampus I/Kampus Utara luas tanah 2.250 m2 dan Kampus II/Kampus Selatan luas tanah 6.450 m2 yang berbatasan dengan Perumahan Ayuban. Luas tanah keseluruhan kampus STKIP PGRI Situbondo 8.700 m2. Dan Jarak antara kampus utara dengan kampus selatan kurang lebih 500 m. Kedua kampus tersebut adalah milik sendiri sebagai hasil swadaya murni PPLP-PT PGRI dan STKIP PGRI Situbondo. Dari tahun ketahun perkembangan STKIP PGRI Situbondo cukup menggembirakan baik dari segi jumlah mahasiswa maupun mutu lulusan.